Bukan sekedar menolong melainkan kebahagian

Responsive image

Agustus 2019, Tim Layanan Aktif BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta kembali menyambangi tempat penampungan imigran di Eks Gedung Kodim Kalideres Jarta Barat. Bangunan gedung berwarna kuning ini tampak penuh sesak oleh para imigran dari berbagai negara yang sedang dilanda konflik. Saking sesaknya kemarin sempat terjadi keributan dikarenakan situasi yang tidak menentu dan efek rasa lapar dari para imigran. Kabar kericuhan membuat Tim Layanan Aktif menyisir lokasi dan melihat orang-orang yang ada di area gedung eks kodam ini agar mendapat informasi secara jelas.

 

Sebenarnya bukan kali itu saja Tim Layananan Aktif BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta menyambangi mereka, sebelumnya pun TIM  BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta pernah datang ke posko pengungsi dan memberikan bantuan berupa Toren Penampungan Air yang berfungsi untuk menampung air bersih guna memenuhi kebutuhan air untuk keperluan sehari-hari para pengungsi. Pemberian fasilitas penampungan air bersih itu bekerjasama dengan dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta.

 

Ketika kami datang, tampak sisa-sisa wajah yang masih penuh ketegangan tersebab efek perselisihan yang terjadi hari kemarin. Namun demikian, kedatangan kami disambut senyuman oleh Ali, koordinator pengungsi imigran asal Pakistan dan beberapa perwakilan pengungsi lainya. “Assalamualaikum ya akhii…” terdengar sapaan salam dari para pengungsi menyambut kedatangan tim yang masih berada di Mobil Layanan Aktif  BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta yang membawa 1200 box nasi. Dengan perasaan yang gembira dan saling bantu membantu diantara sesama pengungsi dan dibantu oleh teman-teman Tagana dari Dinsos Provinsi DKI Jakarta kami turunkan nasi box dan segera dibagikan ke semua pengungsi imigran.

 

Sesuai hasil rapat koordinasi dengan Pimpinan BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI jakarta pada hari  Jumat, mengintruksikan untuk memberikan 5 (Lima) kali makan dalam 3 hari, adapun sekali distribusi yaitu 1200 box paket nasi. “Meski mereka bukan warga Jakarta, akan tetapi mereka saat ini berada di Jakarta, maka berangkatlah kalian, bantulah mereka untuk memenuhi hak dasar mereka “At’amahum min juu’ (memberi makan ketika lapar)”. Demikian pesan yang masih terngiang dipikiran kami yang di titipkan oleh Pimpinan kepada Tim Layanan Aktif BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta saat sebelum kami turun ke medan kemanusiaan.