Pelatihan Teknis menyambut hari raya Idul Adha 1440 H

Responsive image

BAZNAS (BAZIS) Kota Administrasi Jakarta Barat mengadakan pelatihan bimbingan teknis tentang tata cara penyembelihan hewan Qurban sesuai standar kesehatan dan syariat islam Bersama dengan 100 pengurus masjid se Jakarta Barat.

Kegiatan pelatihan bimbingan teknis (Bimtek) ini diselenggarakan guna menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H. Para pengurus masjid diimbau menggunakan daun sebagai wadah penyembelihan hewan kurban, termasuk menggunakan wadah yang ramah lingkungan saat mengambil hak daging kurban.

Dalam sambutannya Ketua BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta, KH. Ahmad Lutfi Fathullah mengatakan, sosialisasi terkait penggunaan daun sebagai wadah penyembelihan hewan kurban masih terus dilakukan. Tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai yang nantinya berdampak pada lingkungan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies R. Baswedan, telah mengeluarkan seruan Gubernur DKI Jakarta No. 4 Tahun 2019, berisi imbauan agar panitia kurban tidak menggunakan plastik yang tidak ramah lingkungan. “Ini bukan berarti pakai plastik itu haram, tapi menggunakan wadah, selain plastik yang ramah lingkungan,” tuturnya saat menghadiri bimbingan teknis (Bimtek) tata cara pemotongan hewan kurban di Ruang Ali Sadikin, kantor Walikota Jakarta Barat, Senin  (29/7).

Ahmad Lutfi mengimbau agar penggunaan wadah yang ramah lingkungan juga dilakukan saat pengambilan hak daging kurban. Di sarankan, menggunakan daun sebagai pembungkus daging kurban, kemudian dimasukkan ke dalam kantong yang ramah lingkungan. “Kalo bisa pake kantong ramah lingkungan yang biasa dipakai buat belanja,” jelasnya.

Bimbingan Teknis (Bimtek) tata cara pemotongan hewan kurban dibuka oleh Sekretaris Kota Jakarta Barat, H. Eldi Andi.

Bimbingan teknis dilakukan agar peserta mengetahui dan memahami terkait tata cara pemotongan serta penanganan hewan kurban di masing-masing wilayah. “Sehingga nantinya mendapatkan hasil daging kurban yang sehat, aman konsumsi, dan memenuhi syariat Islam,” tuturnya.

Diharapkan kegiatan ini menjadi bekal mereka untuk diaplikasikan pada lingkungan masyarakat tentang tata cara pemotongan hewan kurban,termasuk imbauan penggunaan daun sebagai wadah/tempat buat bungkus daging kurban.”