Kebaikan Bedah Rumah Untuk Ibu Aminah, warga Kelurahan Petojo Utara Jakarta Pusat

Responsive image

Hunian yang layak merupakan salah satu hak dasar manusia. Namun, tidak semua warga yang beruntung bisa menikmatinya. Bisa punya tempat tinggal sendiri saja sudah sebuah kemewahan bagi sebagian kalangan.

Seperti yang dialami Aminah, warga Kelurahan Petojo Utara. Sudah bertahun-tahun ia menghuni rumah sederhana yang kondisinya memprihatinkan. Bukan tidak ingin memperbaiki, tapi ketiadaan biaya yang membuat ia harus menahan keinginan itu.

“Alhamdulillah saya bersyukur sekali rumah saya bisa direnovasi. Saya jadi bisa tidur nyenyak sekarang. Sebelumnya selalu was-was kalau pas hujan, takut bocor dan atapnya ambrol,” ungkap Aminah tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya.

Setelah dikerjakan beberapa pekan, rumah Aminah di Jl Pembangunan IV Petojo Utara sudah rampung. Serah terima kunci dilakukan pada hari Selasa (24/11) didampingi Lurah Petojo Utara, Indarto dan Ketua RT dan RW setempat.

Rumah Aminah termasuk salah satu yang mendapat bantuan renovasi dari BAZNAS BAZIS Kota Administrasi Jakarta Pusat.

“Ada 66 rumah yang kami kerjakan dalam dua tahap. Ini adalah bentuk kepedulian kami, sekaligus memberi bukti nyata kepada masyarakat bahwa amanah yang disampaikan berupa zakat, infaq dan sedekah kami salurkan kepada yang berhak,” ucap Koordinator BAZNAS BAZIS Kota Administrasi Jakarta Pusat, Fatahillah.

Fatahillah menjelaskan rumah yang direnovasi berasal dari usulan setiap kelurahan. Seperti diketahui, kelurahan sebagai jajaran paling bawah dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat merupakan mitra strategis BAZNAS BAZIS dalam penjaringan dana umat.

“Setiap tahun kelurahan menyampaikan usulan kepada kami beberapa rumah yang tidak layak huni. Kemudian kami verifikasi baru selanjutnya dipilih rumah mana saja yang mendapat bantuan,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan pesan terima kasih kepada warga dan ASN Pemkot Jakarta Pusat yang selama ini mempercayakan penyaluran zakat, infaq dan sedekahnya melalui BAZNAS BAZIS