Senyum Teluk Jakarta, BAZNAS BAZIS DKI Panen Perdana Ikan Kerapu Cantang di Pulau Tidung

WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.08.39.jpeg

Senyum Teluk Jakarta, BAZNAS BAZIS DKI Panen Perdana Ikan Kerapu Cantang di Pulau Tidung

BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta melalukan panen perdana ikan kerapu cantang sebanyak 500kg dalam program Senyum Teluk Jakarta di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Panen perdana ini adalah bentuk keberhasilan dari kolabirasi antara BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta dengan YBM BRILIAN kepada kelompok budidaya ikan kerapu cantang di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Dalam program Senyum Teluk Jakarta, BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta bersama dengan YBM BRILIAN telah memberikan bantuan 24.000 benih ikan kerapu cantang kepada pembudidaya ikan kerapu di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Tidak hanya sekedar memberikan bantuan benih, BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta juga melakukan pendampingan dan menerapkan manajemen tebar benih, di mana benih ikan ditebar sebanyak 3.000 ekor setiap bulan. Sehingga panen ikan kerapu dapat terus berkelanjutan dari bulan kedelapan dan seterusnya.

Hasil panen ikan kerapu cantang bukan hanya untuk dikonsumsi saja, tetapi BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta juga menerapkan sistem sedekah wajib 20% setiap kali panen. Infak tersebut akan dikumpulkan selama delapan bulan dan hasilnya akan digunakan kembali untuk budidaya ikan kerapu cantang dengan kelompok penerima manfaat yang baru. Sehingga program budidaya ikan kerapu cantang ini terus berkelanjutan. Panen ikan kerapu cantang akan dilaksanakan setiap 2 minggu dan pada panen perdana ditargetkan menghasilkan sebanyak 500kg ikan kerapu cantang.

Selain benih ikan kerapu cantang, pada program Senyum Teluk Jakarta ini BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta bersama dengan YBM BRILIAN juga memberikan bantuan rumah apung yang digunakan untuk kegiatan pengajian rutin oleh kelompok nelayan.

Dalam sambutanya Ketua BAZNAS BAZIS Provinsi DKI Jakarta Dr. Akhmad H. Abubakar mengatakan, “Program Senyum Teluk Jakarta telah berjalan sejak tahun 2022, di mana sebelumnya program tersebut mengimplementasikan budidaya rumput laut. BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta telah memberikan bantuan bibit rumput laut sebanyak 2,8 ton untuk nelayan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu” ucapnya.

WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.08.39 (2).jpegWhatsApp Image 2024-07-03 at 11.08.40.jpeg

 

BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta melakukan pengembangan program, dengan monitoring program yang lebih mendalam, hadirlah program bantuan benih ikan kerapu cantang yang di datangkan langsung dari Situbondo Jawa Timur kepada kelompok budidaya di Pulau Tidung ini, dan setelah 8 bulan berjalan pendampingan, hari ini kita bisa panen ikan kerapu cantang perdana sebanyak 500kg, Alahamdulillah” tambah Abu Bakar..


Sebelumnya pada Januari 2024, melalui program Senyum Teluk Jakarta, BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta juga telah memberikan bantuan rumpon dan tendak. Bantuan tersebut diberikan kepada 50 orang nelayan di Pulau Panggang dan Pulau Pramuka. Sebanyak 10 rumpon dan 100 tendak telah didistribusikan oleh BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta.

WhatsApp Image 2024-07-03 at 11.08.40 (1).jpegWhatsApp Image 2024-07-03 at 11.08.39 (1).jpeg

Bantuan rumpon dan tendak ini serta benih ikan kerapu cantang ini menjadi program yang cukup efektif. Hasil monitoring yang dilakukan oleh BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta menunjukan adanya peningkatan pada pendapatan nelayan antara 50-70?ri pendapatan sebelumnya. Keberhasilan program bantuan rumpon dan tendak serta benih ikan kerapu cantang ini rencananya akan direplikasikan di Pulau lain di Kepulauan Seribu.

BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta terus berkomitmen untuk membantu masyarakat pra sejahtera melalui progam pemberdayaan, harapan untuk terus hadirkan Senyum Teluk Jakarta menjadi alasan utama untuk membahagiakan warga Jakarta