KELOMPOK PEMBUDIDAYA BINAAN BAZNAS (BAZIS) DKI JAKARTA KEMBALI PANEN IKAN KERAPU CANTANG DI PULAU TIDUNG

WhatsApp Image 2024-09-20 at 14.53.16.jpeg

KELOMPOK PEMBUDIDAYA BINAAN BAZNAS (BAZIS) DKI JAKARTA PANEN IKAN KERAPU CANTANG DI PULAU TIDUNG

Untuk Ketiga kalinya Kelompok Pembudidaya Ikan binaan Baznas Bazis DKI Jakarta melakukan panen Kerapu Cantang di keramba sekitar Jembatan Cinta Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Melalui Program Senyum Teluk Jakarta, BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan YBM Brilian memberikan bantuan benih Ikan Kerapu Cantang kepada kelompok budidaya Ikan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Tidak hanya sekedar memberikan bantuan benih dan pakan, tetapi BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta juga melakukan pendampingan dan menerapkan Manajemen tebar benih, dimana benih ikan ditebar 3000 ekor setiap bulan, sehingga panen ikan kerapu dapat terus berkelanjutan.

“Kami sangat bersyukur, hari ini bisa panen Ikan Kerapu Cantang yang ke-3 kalinya dengan hasil panen yang cukup baik, kurang lebih ada 600-700 ekor Ikan Kerapu Cantang dengan bobot 700 gram sampai 1kg per ekornya, dengan total panen sekitar 550-600 kg kurang lebih, kami mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta dan YBM BRILian yang sudah membantu kami dengan memberikan bantuan benih Ikan Kerapu Cantang dan pendampingan program, bantuan ini sangat membantu kami para nelayan untuk meningkatkan taraf hidup agar lebih baik,” Ucap Idham, Ketua kelompok budidaya Ikan Tidung Mandiri.

Sampai dengan panen tahap ke-3 ini sudah menghasilkan total sebanyak 1.158.6 kg, dengan hasil pendapatan total yaitu Rp 115.860.000. Sedangkan pendapatan per anggota kelompok dari hasil panen yang telah disisihkan untuk infak 20%  melalui BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta dan pembelian bibit kembali kurang lebih Rp. 6.189.311/orang. Sementara itu, infak 20% yang disalurkan melalui BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta ini, nantinya akan digunakan kembali untuk budidaya Ikan Kerapu Cantang untuk kelompok penerima manfaat baru, sehingga program budidaya Ikan Kerapu Cantang ini akan terus berkelanjutan.

Sejak diberikan bantuan benih ikan sebanyak 24 ribu yang didatangkan langsung dari Situbondo Jawa Timur beberapa waktu yang lalu, kini kelompok budidaya Tidung Mandiri sudah 3 kali panen Ikan Kerapu Cantang yang hasilnya dibeli langsung oleh supplier untuk memenuhi kebutuhan ikan segar restoran-restoran di Jakarta.

Sementara itu, Wakil Ketua I BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta, KH. A. Nur Alam Bakhtir mengatakan, bahwa panen yang ke-3 kali ini adalah juga rezeki dari Allah SWT yang harus kita syukuri bersama.

“Alhamdulillah kita sudah 3 kali panen Ikan Kerapu Cantang, yang pertama sebanyak 382,9kg, yang ke-2 sebanyak 202,9kg dan yang sekarang ini 572,8kg, ini merupakan bukti nyata program pemberdayaan dari BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta yang dihimpun melalui zakat dari para Muzaki dapat memberi manfaat yang sangat luas, contohnya para pembudidaya Ikan Kerapu Cantang di pulau tidung ini, dan ini patut kita syukuri, karena ini adalah juga bagian rezeki dari Allah SWT kepada kita semua, terutama para pembudidaya Ikan Kerapu Cantang Kelompok Tidung Mandiri ini ”,Ujarnya pada Kamis 19/09/24.

WhatsApp Image 2024-09-20 at 14.53.16 (1).jpeg WhatsApp Image 2024-09-20 at 14.53.16 (2).jpeg

Ikan Kerapu Cantang adalah komoditas perikanan yang memiliki peluang pasar tinggi, baik di pasar domestik maupun ekspor. Keunggulannya adalah pada gizi dan nilai ekonomisnya yang tinggi. Ikan Kerapu Cantang merupakan ikan hibrida hasil perkawinan silang antara Ikan Kerapu Macan betina dan Ikan Kerapu Kertang  jantan yang dapat dibudidayakan di Keramba Jaring Apung (KJA). Keunggulan Ikan Kerapu Cantang hibrida adalah pertumbuhan yang cepat dimana kecepatan tumbuhnya dua kali lipat dari Ikan Kerapu Macan yang biasa dibudidayakan masyarakat.

Melalui Program Senyum Teluk Jakarta, diharapkan kedepannya para pembudidaya yang mendapatkan bantuan benih Ikan Kerapu Cantang dan Pendampingan dari BAZNAS  (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta dapat lebih meningkatkan usaha para pembudidaya. Selain prospek yang baik untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di Pulau Tidung, juga dapat mendorong kelompok budidaya Ikan Kerapu Cantang bisa menjadi pengusaha yang mandiri.