PJ Gubernur Provinsi DKI Jakarta Serahkan Kuci Bedah Kawasan Program BAZNAS BAZIS DKI Jakarta Untuk Warga Terdampak Kebakaran di Kelurahan Menteng

WhatsApp Image 2024-10-02 at 14.45.40.jpeg

PJ Gubernur Provinsi DKI Jakarta Serahkan Kuci Bedah Kawasan Program BAZNAS BAZIS DKI Jakarta Untuk Warga Terdampak Kebakaran di Kelurahan Menteng

Kebarakan telah melanda Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat, pada Jum’at (29/09/2023). Lingkungan yang padat penduduk dan sulit diakses petugas Gulkarmat mengakibatkan banyak rumah hangus terbakar. Peristiwa tersebut cukup menjadi perhatian masyakarat dan pemerintah setempat.

Melihat hal tersebut, BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta melalui salah satu program unggulannya yaitu Bedah Kawasan membangun kembali rumah warga yang terdampak pada kebakaran tersebut. Terdapat 13 rumah korban kebakaran yang telah dibangun kembali oleh BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta. 

Program Bedah Kawasan ini diintegrasikan dengan Program Collaborative Implementation Program (CIP) Sudin Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Administrasi Jakarta Pusat untuk membangun drainase, pengecoran jalan lingkungan, penerangan, dan sumur resapan. Dukungan Program Bedah Kawasan diantaranya juga diberikan oleh PAM Jaya dalam penyambungan gratis fasilitas jaringan air bersih ke rumah warga dengan program CSR, PAL Jaya dengan memberikan Bio Pal melalui program CSR, PLN Disjaya UP3 Menteng dengan penyambungan kembali listrik korban kebakaran. Kemudian, dengan dukungan Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Pusat sebanyak 13 rumah yang dibangun sudah memiliki IRK/KRK (Informasi Rencana Kota/Keterangan Rencana Kota).

Ketua BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta, Akhmad H. Abubakar, mengungkapkan bahwa selama tahun 2024 ini BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta juga telah membangun 50 rumah dhuafa di 8 kecamatan melalui program Bedah Kawasan.

“Bedah Kawasan menjadi salah satu program unggulan BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta yang telah membantu banyak masyarakat dhuafa untuk memberikan tempat tinggal yang layak. Alhamdulillah, selama tahun 2024 ini BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta juga telah membangun 50 rumah dhuafa di 8 kecamatan melalui program Bedah Kawasan. Insya Allah kedepannya akan semakin banyak lagi rumah dhuafa yang dibangun kembali agar mendapatkan tempat tinggal yang layak dan sehat”

Bedah Kawasan kelurahan menteng juga dihadiri oleh PJ Gubernur DKI Jakarta, Budi Heru. Dalam kesempatan tersebut beliau berharap Program Bedah Kawasan dan Bedah Rumah dapat membantu para mustahik.

“Saya berharap program-program positif seperti ini dapat terus berjalan. Kemudian, Bedah Kawasan dan Bedah Rumah ini diharapkan dapat membantu para mustahik mendapatkan rumah yang layak dan sehat sebagai media interaksi dan ibadah keluarga”

WhatsApp Image 2024-10-02 at 14.45.39.jpeg   WhatsApp Image 2024-10-02 at 14.45.37.jpeg  WhatsApp Image 2024-10-02 at 14.45.33.jpeg

Selain itu, Walikota Administrasi Jakarta Pusat menginisiasi program Bedah Rumah Pasien Tuberkulosis (TB). Inisiasi tersebut untuk membantu pasien Tuberkulosis yang membutuhkan penyembuhan jangka panjang dan membutuhkan tempat tinggal yang sehat. Bedah Rumah Tuberkulosis ini bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan dalam menentukan pasien yang layak untuk mendapatkan bantuan dan hingga saat ini sudah dibangun 5 rumah pasien Tuberkulosis di 5 kecamatan.