BAZNAS (BAZIS) DKI Bersama JFX Gelar Pelatihan Barista Untuk Teman Difabel

WhatsApp Image 2024-10-14 at 12.29.22.jpeg

BAZNAS (BAZIS) DKI Bersama JFX Gelar Pelatihan Barista Untuk Teman Difabel

Sebagai lembaga yang mengelola dan menyalurkan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS), BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta bertekad untuk terus membahagiakan dan mensejahterakan masyarakat DKI Jakarta, termasuk penyandang disabilitas. BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta memiliki beberapa program untuk memberdayakan penyandang disabilitas, salah satunya adalah Coffee and Tea Difabis. Coffee and Tea Difabis adalah program BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta yang memberdayakan disabilitas dengan memberikan lapangan pekerjaan sebagai karyawan atau barista di Coffee and Tea Difabis. Para penyandang disabilitas yang bekerja di Coffee and Tea Difabis tentunya sangat antusias dengan adanya program ini, karena dengan keterbatasan yang ada mereka tetap bisa produktif.

BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta dan pengusaha saling bekerja sama untuk menyejahterakan masyarakat. Kerja sama ini tentunya menjadi kabar baik seluruh masyarakat karena masih ada orang-orang yang mengusahakan kebahagiaan dan kesejahteraan mereka.

Alhamdulillah, pada Senin (14/10/2024) BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta bersama PT JFX kembali menggelar pelatihan barista untuk penyandang disabilitas yang nantinya akan bekerja di Coffee and Tea Difabis. Kegiatan pelatihan barista ini merupakan kegiatan lanjutan setelah kolaborasi di event coffee day lalu. Tujuan kegiatan pelatihan barista ini adalah untuk memberikan ilmu dan pengalaman yang mengesankan serta penuh makna bagi teman tuli dan daksa di DKI Jakarta.

Selain ada program Existing Pemberdayaan Difabel yang dilaksanakan BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta, diakhir tahun ini ada beberapa program peningkatan soft skill dan hard skill seperti pada pelatihan barista ini yang melibatkan 27 orang difabel.

Kegiatan pelatihan barista ini dihadiri oleh Direktur Utama PT JFX, Bapak Stephanus Paulus Lumintang, Wakil Ketua Bidang IV BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta, Bapak Nasir Tajang, Kepala Bidang II Pendistribusian dan Pendayaan BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta, Bapak Ahmad Sholih, Kepala Seksie CSR dan Retail BAZNAS (BAZIS)  Provinsi DKI Jakarta, Bapak Yudiman, Segenap tim BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta dan PT JFX, serta para peserta teman tuli dan daksa.

Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta (JFX), Bapak Stephanus Paulus Lumintang mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk peserta seperti cara membuat dan menyajikan kopi yang nikmat, serta meningkatkan kepercayaan diri teman-teman difabel untuk bisa setara di mata masyarakat.

“Kami berharap para peserta dapat menimba ilmu dengan baik dalam membuat dan menyajikan kopi yang nikmat, memberikan rasa percaya diri teman-teman difabel. Karena pada dasarnya setiap manusia memiliki keistimewaan masing-masing” ujarnya.

Selanjutnya, Wakil Ketua Bidang IV BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta, Bapak Nasir Tajang, menambahkan bahwa kegiatan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman difabel untuk menggali potensi dalam diri. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi berkah bagi kita semua.

“Alhamdulillah, hari ini BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta bersama PT JFX melaksanakan kegiatan pelatihan barista untuk teman-teman difabel untuk menggali potensi dalam diri mereka. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi berkah bagi kita semua. Zakat makin berkah, Berkah Mustahik, Berkah Muzaki” ujarnya.

Acara pelatihan barista ini berlangsung dari tanggal 14 Oktober 2024 - 16 Oktober 2024. Kegiatan pelatihan barista ini berisi pengenalan dasar kopi, teori-teori tentang barista, serta praktek langsung dalam memuat kopi dan melayani pelanggan.